SQ Peduli, dari Jogja Kami Merangkul Asa

Oleh admin ::

499 views ::

30 Aug 2018

SQ Peduli, dari Jogja Kami Merangkul Asa

Ahad pagi (29/8/2018) jagad media daring  riuh dengan tagar #prayforlombok. Indonesia dalam kawasan Pacific Ring of Fire tengah menunjukkan kekuatannya kala itu. Kali ini gempa berkekuatan 6,4 SR menerjang Pulau Seribu Masjid, Lombok. Akibatnya, lebih dari 1000 rumah rusak, belasan meninggal dunia dan ratusan luka-luka. Tak cukup sampai disitu, ratusan gempa susulan sampai hari ini masih dirasakan penduduk setempat.

Kabar duka dari pulau dengan mayoritas muslim inipun sampai kepada kami. SQ peduli (SMP TahfidzQu-PPTQ SahabatQu), dari Jogja kami bergerak menggalang dan menyalurkan bantuan untuk meringankan beban mereka dengan tema “QurbanQu Bahagiakan Sesama”. Bertepatan dengan salah satu hari besar Islam 10 Dzulhijah/Idul Adha 1439 H, kami berkesempatan membantu menyalurkan bantuan untuk korban gempa. Dimulai dari Kamis (23/8/2018) pukul 05.00 kami tim relawan bertolak ke Lombok dengan  berbekal dana, pakaian dan  paket bantuan dari para donatur. Jauh hari sebelum keberangkatan, kami telah menggalang dana untuk bakti sosial #4 Peduli Lombok. Alhamdulillah, dana dan paket bantuan terkumpul sekitar Rp 117.000.000. Dana tersebut kami salurkan untuk agenda mobilisasi penyaluran hewan qurban, kebutuhan trauma healing, renovasi masjid dan pembagian paket ceria.

Sedari fajar kami telah bersiap untuk mengabdikan diri pada pertiwi. Selama 5 hari 4 malam kami berkesempatan bergerak ke berbagai penjuru Lombok. Dimulai dengan memantau dan mendistribusikan an daging Qurban untuk disalurkan ke posko-posko pengungsian dari Lombok barat, tengah, utara  sampai timur. Pendampingan trauma healing/psiko sosial untuk anak-anak pada khususnya. Raut wajah tak berdosa anak-anak sasak, selalu riang menyambut kedatangan kami. Tasmi’, membuat tasbih, membaca surat semangat dari siswa SMP TahfidzQu, games, sharing, dan bernyanyi bersama anak-anak. Selain itu, membagikan paket cerita berupa tas semangat berisi susu dan snack ringan. Dilanjutkan dengan membangun masjid darurat sebagai sarana ibadah. Dapat diketahui bahwa Lombok memiliki lebih dari 9000 masjid, dimana masjid merupakan representasi budaya dan pusat kegiatan sarat makna masyarakat muslim. Tentunya, membantu merenovasi masjid dengan bantuan para donatur merupakan amanah yang harus kami wujudkan.

Sejenak kami merasakan kesederhanaan dan ketegaran para pengungsi. Membersamai, mendengarkan dan merasakan perjuangan mereka untuk menerima dengan ikhlas apa yang Allah SWT ujikan kepada hambanya. Maka dari itu sekali lagi, kami ucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada para donatur, Waroeng Group yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu saudara kita di Pulau Seribu Masjid.  Tak lupa rekan yang membersamai kami dalam menyalurkan amanah yakni lembaga sosial ABADI dan Hilal Ahmar. Semoga Allah SWT memberikan berkah dan limpahan nikmat dunia dan akhirat untuk kita sekalian, Aamiin.